Kelebihan Ayam Suro Dari Ayam Lainnya

Sabung ayam atau kegiatan mengadu ayam biasanya dilakukan untuk menunjukan ayam siapa yang terbaik, tapi kadang sabung ayam juga digunakan menjadi tempat bertaruh para penjudi. Ayam yang dirawat dengan baik biasanya menjadi unggulan , apalagi kalau ayam tersebut memiliki catatan kemenangan yang baik pastinya para penjudi berani memberi poor pada lawannya. Kalau orang yang biasa bermain sabung ayam biasanya tidak sembarang dalam memilih ayam untuk di adu. Beberapa pemain ayam percaya bahwa adanya kemistisan pada beberapa ayam yang memiliki jarang di temukan pemain ayam. Ayam yang mistis atau yang di sebut ayam suro ada beberapa jenis dan kelebihan masing-masing yang diketahui pemain ayam jaman dulu, seperti :

Jenis dan Ciri Ayam Suro

  1. Suro Walek (bulu terbalik)
    Suro Walek memiliki ciri yang dimana diantara bulu sayap ada 1 bulu yang melintir lawan arah bulu lainnya dan tidak bisa diluruskan. Biasanya suro walek tidak memiki rasa takut terhadap semua jenis ayam, dia tidak akan pernah berhenti bertarung walau kalah sekalipun.
  2. Suro Watu (batu)

    Ciri ayam Suro jenis ini memiliki sebuah benjolan yang keras di kaki belakang ayam dan biasa nya ada dibawah jalu. Pukulan dari ayam suro watu bisa sampai ketulang lawannya sehingga lawannya lemas dan tidak berkutik saat terpukul.
  3. Suro Tanjung Karang
    Suro Tanjung Karang memiliki taji atau jalu tambahan diatas jalu aslinya, ayam suro tanjung karang sangatlah berbahaya karena lawannya bisa buta mendadak saat terkena pukulan suro tanjung karang.
  4. Suro Manten

    Suro Manten biasanya memiliki ciri diantara bulu ekor ada 2 bulu ekor yang panjangnya bisa mencapai menyentuh tanah layak nya gaun pengantin yang panjang, dan ayam suro manten memiliki pukulan yang sakit dan bisa membuat lawan lari secara tiba-tiba.
  5. Suro Dukun
    Hampir sama dengan suro manten, Suro Dukun adalah salah satu bulu ekor ayam panjang sendiri dan agak menjungkit. Pukulan suro dukun di percaya bisa membuat semua otot lawannya melunak, dan setiap pukulannya bisa mengenai syaraf lawan sehingga lawannya bisa lumpuh setelah berlaga bersama nya.
  6. Suro Cempaka
    Suro Cempaka biasanya memiliki ciri diantara bulu ekor ada satu bulu warna putih, warna dasar bulu wido cempaka (putih kehijauan), taji atau jalu dari ayam tersebut melengkung keatas dan kaki ayam suro cempaka berwarna hitam (lonteng). Suro Cempaka tidak begitu memiliki pukulan dibanding ayam suro lainnya tetapi suro cempaka memiliki wibawa dan kharisma yang tinggi sehingga lawan bisa menjadi canggung dan kebingungan.
  7. Suro Kopyor
    Ciri dari Suro Kopyor adalah ketika anda jalan membawa ayam dan suara ayam seperti suara air dalam kelapa. Suro Kopyor biasanya tidak terlalu memiliki pukulan yang keras tetapi suro kopyor tidak akan lari walau dipukul sesakit apapun.
  8. Suro Petir
    Ayam Suro Petir memiliki ciri diantara sisik kaki nya terpecah menjadi 2 walau yang lainnya rapi. Pukulan ayam suro petir sangat lah akurat walau suro petir jarang memukul.
  9. Suro Teleh
    Kalau biasa tembolok ayam di sebelah kanan tapi tembolok atau kantong makan ayam suro teleh ada dua. Ayam suro teleh memiliki kinerja pukul yang sangat baik sehingga ayam suro teleh bisa mengontrol laga.
  10. Suro Ireng
    Ciri Ayam Suro Ireng memiliki ciri mata hitam lengkong(cincau) dan kaki warna hitam lonteng. Pukulan ayam suro ireng sangat lah berat karena setiap lawan yang terkena pukulan ayam suro akan terjatuh terus menerus sampai lawannya kelelahan.

Daftar suro ayam yang di sebutkan merupakan kepercayaan para pemain ayam zaman dulu yang dimana mereka mendapatkan ilmu nya dari pendahulu mereka, dan banyak yang sudah membuktikan bahwa beberapa jenis ayam suro mrmang lebih unggul dari ayam biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *